Pertamina Berbagi Tips BBM yang Cocok untuk Kendaraan

  • Share
Pertamina Berbagi Tips
Laode Syarifudin Mursali

BUMANTARA.ID – Kesadaran masyarakat akan bahaya polusi udara mungkin secara umum sudah diketahui.

Namun, mungkin tak banyak yang menyadari, kurang tepat dalam memilih BBM untuk kendaraan menjadi biangnya polusi.

Rabu, 16 Juni 2021. Unit Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Regional Sulawesi, Laode Syarifuddin Mursali berbagi tips bagaimana memilih BBM yang tepat untuk kendaraan.

Menurutnya, salah memilih BBM untuk mesin kendaran membuat emisi gas yang terjadi ruang pembakaran mesin kurang optimal.

“Jadi memilih BBM itu harus cermat dan tepat. Salah satunya dengan BBM ramah lingkungan. Seperti Pertalite, Pertamax dan Pertamax Turbo,”ujarnya.

Fakta menarik dan bermanfaat

Lanjutnya, BBM yang lebih berkualitas memiliki kadar oktan yang lebih tinggi, sehingga lebih ramah lingkungan karena rendah emisi.

“Pabrikan kendaraan sudah mensyaratkan mobil keluaran 2000-an keatas menggunakan BBM minimal sekelas Pertalite,”jelasnya.

Tambah Loade, masyarakat sebaiknya mengecek buku manual kendaraan masing-masing dan mencari nilai kompresi mesin kendaraannya.

“Rekomendasi BBM yang digunakan sesuai kompresi untuk motor biasanya tertulis pada tanki bensin, sedangkan untuk mobil biasanya tertulis pada kaca belakang,”katanya.

“Sementara itu, kendaraan keluaran 2003 ke atas sudah memiliki kompresi mesin dengan standard BBM minimal oktan 90,” tuturnya lagi.

Oleh karena itu, Laode menganjurkan masyarakat mengonsumsi BBM ramah lingkungan.

“Selain membantu mengurangi dampak polusi. BBM ramah lingkungan juga memiliki oktan atau RON yang lebih tinggi, yang tentu juga berdampak baik bagi mesin kendaraan,”ungkapnya.

Di sisi lain, Laode mengakui Pertamina kini memberikan banyak keuntungan bagi masyarakat apabila bertransaksi secara non-tunai menggunakan aplikasi MyPertamina.

“Kepada pelanggan aplikasi My Pertamina bisa menikmati pembelian BBM lebih hemat Rp 300,- per liter untuk pembelian Pertamax, Pertamax Turbo, Pertamina Dex dan Dexlite,”katanya.

“Program ini berlaku sejak 1 Juni hingga 30 Juni 2021 di SPBU yang sudah terhubung dengan aplikasi My Pertamina,“ pungkasnya. (ssf)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *