Nenek Soro Terharu, Masyarakat Gotong Royong Bangun Rumahnya

  • Share
Nenek Soro
Tampak proses pembangunan rumah Nenek Soro. (dok/bumantara.id)
Fakta menarik dan bermanfaat

BOLSEL, BUMANTARA.ID Senyum bahagia terpancar di wajah Nenek Suro melihat tempat tinggalnya yang dulu kumuh, kini disulap menjadi rumah yang lebih layak untuk ditempati. Bekas kantin yang sebelumnya hanya berdinding kain usang dan baliho bekas itu, sekarang sementara dalam proses rehab.

Terpantau di lokasi pembangunan Desa Popodu, Kecamatan Bolaang Uki, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Rabu 27 Oktober 2021. Rumah semi permanen itu dibangun dengan konsep sederhana, memiliki dua kamar tidur, satu ruang tamu dan dapur di bagian belakang.

Nenek Soro (kiri) saat ditemui di rumah anaknya. (dok/bumantara.id)

Rumah berdinding Gypsum itu pengerjaannya sudah berjalan kurang lebih 60 persen. Sangadi (Kepala Desa) Popodu Siradjudin Yusuf ditemui di lokasi pembangunan rumah Nenek Soro mengatakan, tahapan yang sudah selesai pondasi, cor dan pemasangan dinding.

“Selanjutnya tinggal melakukan plasteran dan pembaharuan bagian atap. Bahan-bahannya semua sudah lengkap,” kata Siradjudin yang tampak sedang mengawasi.

Lanjut Sangadi, setelah pengerjaan bangunan selesai, rumah nenek soro juga akan diisi perlengkapan seperti kasur, kompor gas, alat dapur dan sebagainya.

Fakta menarik dan bermanfaat

“Sebelumnya saya haturkan terima kasih. Semua bantuan ini merupakan bentuk aspirasi masyarakat dan pejabat di lingkungan Pemkab Bolsel.”

“Untuk pengerjaannya sendiri, kami banyak dibantu anak-anak muda di Popodu dan desa sekitarannya,” tandas sangadi.

Tidak lama lagi bisa ditempati, progres pembangunan rumah Nenek Soro sudah melebihi 60 persen. (dok/bumantara.id)

Melihat rumahnya yang tidak membutuhkan waktu lama lagi untuk bisa dihuni, Nenek Soro tampak begitu terharu. Gubuknya nanti sudah cukup nyaman untuk Ia tinggali bersama cucu-cucunya.

Terima kasih semua so babantu pa nenek, nenek cuma mampu balas deng doa (Terima kasih semua sudah membantu nenek, nenek hanya mampu balas dengan doa)” kata Nenek Soro.

Sekedar diketahui, Nenek Soro viral pasca dikunjungi oleh Bupati Bolsel Haji Iskandar Kamaru beberapa waktu lalu. Kondisi yang rentah dan kisah dibalik gubuk tempat Ia tinggal menggerakan seluruh masyarakat untuk membantunya. Kini Nenek Soro sudah tersenyum. ***

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *