2019 Bolsel Dominasi Angka Konsumsi Rokok Tertinggi, 2020 Boltim dan Bitung

  • Share
Konsumsi Rokok
Fakta menarik dan bermanfaat

BUMANTARA.ID – Merokok merupakan salah satu aktifitas yang dianggap menyenangkan menurut sebagai orang. Meski secara medis merokok dianggap mampu memicu berbagai penyakit ganas, tetapi tidak sedikit juga menganggap aktifitas ini mampu meningkatkan mood dan kepercayaan diri.

Seperti di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), merokok sudah dianggap hal yang sangat lazim. Tidak hanya laki-laki, bahkan perempuan pun banyak menjadi pecandunya.

Berdasarkan data yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik Sulawesi Utara (Sulut), perokok di daerah tersebut mampu menghabiskan rata-rata sekira 60 batang rokok per pekannya.

Di tahun 2019, angka perokok tertinggi baik laki-laki dan perempuan ada di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel). Dalam data itu, BPS mencatat rata-rata laki-laki di Bolsel mampu menghabiskan 110,66 batang per minggu. Sementara perempuan lebih tinggi dari laki-laki yaitu 114,53 batang per pekannya.

Jumlah konsumsi rokok terendah pada 2019 ada di Kabupaten Kepulauan Sitaro untuk laki-laki yakni 68,24 batang per minggunya. Sedangkan untuk komsumsi terendah perempuan ada di Kota Tomohon yaitu 29.66 batang per pekannya.

Fakta menarik dan bermanfaat

Berbeda di tahun 2020, jumlah konsumsi rokok tertinggi untuk gender laki-laki ada di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim). Perokok laki-laki di sana mampu menghabiskan 106.92 batang per minggu.

Lanjut, untuk konsumsi rokok tertinggi berdasarkan gender perempuan ada di Kota Bitung, yaitu 87.15 batang. Jumlah itu melampaui konsumsi perempuan di Bolsel yang turun drastis di angka 68.5 batang per minggunya.

Sedangkan untuk konsumsi rokok terendah di tahun 2020 mayoritas berada di daerah kepulauan. Perempuan ada di Sitaro yakni 30,65 batang per minggu dan untuk laki-laki terendah di Kabupaten Kepulauan Talaud yaitu 59,44 batang per pekannya.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *